Jumat, 08 Februari 2013

 Higgs Boson ^^

Higgs Boson adalah sebuah partikel yang ada didalam sebuah model standard (MS) yang awalnya hanya diprediksikan keberadaanya secara teoretik. 
Partikel - partikel yang berada dalam model Standard memiliki fungsi masing - masing didalam interaksi - interaksi fisika. Suku - suku quark adalah suatu partikel elementer (fundamen) yang berkenaan dengan penyusunan inti dari sebuah atom dimana quark ada 6 macam yaitu quark up, down, strange, charm, bottom, dan top dengan muatan + 2/3 dan - 1/3 dan jika suku - suku lepton berupa elektron, muon, tau, elektron neutrino, tau neutrino dan muon neutrino merupakan partikel fundamen yang terletak diluar inti dan jika suku - suku boson berkaitan dengan interaksi - interaksi fisik berupa gluon, foton, + - W dan Zero Charge Boson dan Higgs Boson

Karena kita membahas mengenai topik Higgs boson, maka kita terkonsentrasi terlebih dahulu pada suku - suku boson. Gluon adalah boson yang bertujuan seperti perekat dan oleh karena itu partikel fundamen ini berfungsi untuk menimbulkan strong interaction atau interaksi kuat (Interaksi Gaya kuat) sehingga melandasi teori chromodynamics, Jika foton berpengaruh pada interaksi elektromagnetik dan apabila W dan Z boson berpengaruh pada interaksi lemah (weak interaction

Apabila kita menyimak bahwa higgs boson adalah partikel boson yang masih teoritik maka sebenarnya apakah Higgs Boson ? dan apa pengaruhnya pentingnya higgs boson?
Higgs Boson adalah Partikel Fundamen Suku Boson yang Teoretik yang berpengaruh pada pembentukan massa sebuah materi. Jadi apabila dianalogikan, sebuah partikel higgs boson memiliki kemampuan untuk membuat partikel - partikel lain yang berada disekitarnya akan mendekati sehingga menjadi suatu kumpulan yang kemudian disebut sebagai massa materi. 
Menurut Pandangan Fisika teoretik, Higgs Boson Berpengaruh. Sebab Ada atau tidaknya higgs boson menentukan massa materi itu ada. Bila higgs boson tidak ada maka materi tidak akan ada atau tidak akan terbentuk. Karena keberadanya masih dipertanyakan, maka para ilmuwan teoritik dan fisika partikel selalu mencari keberadaan partikel ini secara eksperimental dan membuktikan bahwa teori oleh Peter Higgs dari Inggris Benar (Penggagas Higgs Boson)

Kemudian pada tanggal 6 Juli 2012, akhirnya CERN sebagai lembaga eksperimental fisika partikel di Eropa menyatakan bahwa higgs boson dapat diamati secara eksperimen dan dapat dinyatakan keberadaanya melalui track atau lajur partikelnya didalam LHC (Large Hadron Collider) dan kesuksesan ini akan membawa dampak besar pada fisika teoretik.

Partikel ini kemudian akan disebut dengan Partikel Tuhan (God Particles). Artinya bukanlah dengan partikel ini kita dapat menjadi seperti Tuhan atau berkemampuan seperti Tuhan tetapi ini hanyalah ungkapan yang dimana partikel ini bersifat sebagai penentu adanya massa sebuah materi sehingga oleh karena itu semua materi didalam alam semesta ini ada karena partikel ini sehingga dikatakan sebagai God Particles (So, Jangan Salah Lagi ya Menafsirkan God Particles ^^)

0 komentar:

Posting Komentar